UPTD Puskesmas Wonosari II Melaksanakan PMT Lokal pada Balita Stunting dan Bumil K.E.K

P. Kamituo 07 September 2023 11:30:40 WIB

UPTD Puskesmas Wonosari II Melaksanakan PMT Lokal Pada Balita Stuting dan Bumil K.E.K

Redaksi 

06 Sept 2023 - 09:06 WIB

 

Wonosari, PIYAMAN, UPTD Puskesmas Wonosari 2, melakukan Launching Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbahan Pangan Lokal untuk Balita dan Ibu Hamil di Rumah Kader Kesehatan Kalurahan yang berdomisili di Padukuhan Kemorosari II Kalurahan Piyaman Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul, Selasa 5/9/2023.

 

Pemberian PMT bagi ibu hamil dan balita itu dilakukan secara simbolis oleh Kamituwa Kalurahan piyaman, Wiwik Widarjanti di dampingi oleh Nutrisionis UPTD Puskesmas Wonosari II, Sarah Arindya Nur Erawati, A.Md.Gz dan Anita Kurniasari, S. Tr.Gz.

 

Dalam kesempatan itu, Nutrisionis UPTD Puskesmas Wonosari II, Sarah Arindya Nur Erawati, A.Md.Gz menyampaikan beberapa hal yang menyangkut kesehatan anak balita dan Ibumil di Kalurahan Piyaman.

 

"Kegiatan PMT ini merupakan bagian dari pencegahan dan penanggulangan stunting di wilayah kerja UPTD Puskesmas Wonosari II, kita berharap melalui program ini, penanggulangan dan pencegahan stunting bisa tercapai lebih maksimal lagi di Kecamatan Wonosari, tentunya di mulai dari tingkat Puskesmas berdasarkan wilayah kerja," kata Sarah.

 

Sarah menjelaskan bahwa PMT lokal adalah kegiatan pemberian makanan lengkap sesuai arahan dari nutrisionis puskesmas, makan selama 90 hari untuk ibu hamil dan balita yang berasal dari bahan pangan atau makanan yang tersedia lengkap gizinya yang di peroleh dari wilayah setempat dan mudah di peroleh dengan harga yang terjangkau.

Dan untuk balita jika kenaikan Berat Badan sudah tercapai sesuai target  walaupun belum sampai 90 hari, maka PMT bisa dialihkan kepada balita yang terindikasi stunting di wilayah tersebut.

 

"Sasaran pemberian makanan tambahan untuk balita ini lebih diutamakan pada balita yang menderita stunting dan ibu hamil kurang energi kronis (KEK) dan akan berlangsung selama 90 hari, dan untuk Piyaman sendiri mendapatkan kuota untuk Balita 20 orang dan Ibu hamil 5 orang" ucapnya.

 

Sarah Arindya Nur Erawati, A.Md.Gz juga mengatakan bahwa Puskesmas dan Kalurahan akan terus mengawasi kegiatan PMT lokal ini sampai selesai untuk menekan stunting di Kalurahan Piyaman.

 

"PMT lokal  ini di masak/di olah oleh kader Desa yang sudah terlatih dengan pengawasan dari tim gizi UPTD Puskesmas Wonosari II yang berjumlah 6 Orang" jelas Saras. 

 

Kegiatan PMT berbahan pangan lokal diharapkan dapat membentuk kemandirian keluarga dalam menyediakan makanan yang berkualitas bagi Ibu hamil dan balita.

 

Sementara itu Kamituwa piyaman mengapresiasi kegiatan tersebut, untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Kalurahan Piyaman sehingga di harapkan stunting di Kalurahan Piyaman akan terus menurun.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar